Tuesday, September 1, 2015

ALAT - ALAT KERJA PERBAIKAN AC

F . Charging Manifold

Digunakan untuk mengecek tekanan dan penghampaan ( Vacum ) ketika mengisi atau membuang Refrigeran. Charging Manifold sering jg disebut gauge manifold and Charging lines. Karena terdiri dari 2 buah pressure gauge,yang digunakan untuk pengukuran tekanan rendah ( kurang dari 250 psi ) dan tekanan tinggi ( kurang dari 500 psi ). Pada kedua sisinya terdapat dua buah keran dan 3 buah sambugan keluar. Biasanya sambungan keluar menggunakan selang ( charging house ) dengan 3 warna berbeda untuk membedakan sisi tekanan yang berbeda.


G. Bending Tube
Alat ini digunakan untuk membengkokkan pia agar tidak pecah,patah,maupun gepeng.Bending tube sangat dianjurkan untuk membengkokkan pipa yang usia pakainya cukup lama yang sering bermasalah ketika di bengkokkan.

H. Pompa Vakum

Pompa vakum digunakan untuk membuat sistem pendingin hampa udara sebelum diisi refrigeran. Pemakuman mutlak harus dilakukan sebelum pengisian refrigeran.Bisa juga melakuakan pemakuman dengan mesin AC itu sendiri.Namun penggunaan pompa Vakum lebih memudahkan kondisikan sistem pendingin menjadi hampa udara.


I. Thermometer Ruangan

Dalam service AC, Thermometer digunakan untuk mengecek temperatur udara yang masuk dan keluar evaporator. Pastikan Thermometer yang digunakan kondisinya masih baik dan respon terhadap perubahan temperatur ruangan.




No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”