Friday, August 7, 2015

KOMPONEN PENDUKUNG AC

A. STRAINER

Strainer atau saringan berfungsi menyaring kotoran yang terbawa oleh refigeran didalam sistem AC. Kotoran yang lolos dari saringan karena strainer rusak dapat menyebabkan penyumbatan pipa kapiler. Akibatnya, sirkulasi refigeran menjadi terganggu. Biasanya, kotoran yang menjadi penyumbat sistem pendinginan , seperti karat dan serpihan logam.


B. ACCUMULATOR

Accumulator berfungsi sebagai penampung sementara refigeran cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas evaporator. Selain itu, accumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refigeran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas accumulator menuju saliran isap kompresor. Untuk mencegah agar refigeran cair tidak mengalir ke kompresor, accumulator mengkondisikan wujud refigeran dalam wujud gas. Sebab ketika refigeran dalam wijud gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor dan tidak merusak bagian dalam kompresor.


C .MINYAK PELUMAS KOMPRESOR

Minyak pelumas atau oli kompresor pada sistem AC berguna untuk melumasi bagian - bagian kompresor agar tidak cepat aus karena gesekan. Selain itu, minyak pelumas berfunsi meredam panas di bagian - bagian kompresor. Sebagian kecil dari oli kompresor bercampur bercampur dengan refigeran, kemudian ikut bersirkulasi didalam sistem pendingin melewati kondensor dan evaporator. Oleh sebab itu, oli kompresor hrus memiliki persyaratan khusus, yaitu bersifat melumasi, tahan terhadap temperatur kompresor yang tinggi, memiliki titik beku yang rendah karena bercampur dengan refigeran, dan tidak menimbulkan efek negatif ( merusak ) pada sifat refigeran serta komponen AC yang dilewatinya. Secara spesifik, syarat yang harus dipenuhi minyak pelumas sebagai berikut :
1. Memiliki struktur kimia yang stabil, tidak bereaksi dengan refigeran dan tidak memiliki sisfat             korosi.  
2. Tidak merusak tembaga pada suhu 121 derajat celcius.
3. Tidak mengandung air, ter, lilin,dan kotoran yang lain.
4. Memiliki titik beku yang rendah.
5.Tidak berbusa, sebab busa pada minya pelumas dapat merusak katup kompresor dan menyumbat         pipa kapiler. 
6. Mempunyai koefisien dielektrik yang rendah atau tidak mengantar arus listrik.
7. Mampu melumasi pada temperatur yang tinggi dan rendah.


D. KIPAS ( FAN atau BLOWER )

Pada komponen AC, Blower terletak dibagian indoor yng berfungsi menghembuskan udara dingin evaporator. Fan atau kipas terletak pada bagian outdoor  yang berfungsi mendinginkan refigeran pada kondensor.Sebenrnya, penyebutan Blower pada bagian indoor,dan kipas pada bagian  outdoor hanya untuk memudahkan karena keduanya memiliki bentuk yang berbeda. blower berbentuk seperti tabung bersirip, sedangkan kipas terdiri dari bilah daun kipas. Kedunya merupakan bagian atau komponen yang berputar pada porosnya secara terus menrus ketika kompresor bekerja.Komponen blower ( indoor ) dan kipas ( outdoor ) digerakkan oleh motor listrik yang berbeda.


BLWER INDOOR

KIPAS OUTDOOR

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”