Tuesday, September 1, 2015

PERALATAN KERJA PERBAIKAN / PERAWATAN AC

A.Pompa Steam (Air Cleaner )

Pompa steam digunakan ketika melakukan perawatan AC.Alat ini berfungsi untuk menyemprot air bertekanan tinggi untuk membersihkan komponen evaporator,filter udara,dan kondensor.Biasanya setelah 3 bulan pemakaian AC,debu dan kotoran akan menempel ada bagian evaporator dan kondensor.jika tidak dibersihkan akan berakibat penurunan pada kerja AC,seperti suhu kurang dingin,bahkan bisa terjadi kerusakan pada kompresor yg dipaksa terus bekerja.

Untuk membersihkan bagian-bagian tersebut ,selang penyedot atau masukan ( inlet) pompa steam dicelupkan kedalam air.Selanjutnya air bertekanan tinggi akan keluar dari bagian outlet.

B. Plastik Pelindung

Plastik pelindung digunakan ketika membersihkan atau mencuci indoor ( service besar ) berfungsi untuk menjaga air cipratan steam tidak merusak atau mengotori perabotan lainya.Selain itu juga plastik Pelindung ini berguna untuk melindungi PCB indoor AC.

C.Tubbing Cutter

Alat ini digunakan untuk memotong Pipa tembaga .Pada saat Pipa terjadi kebengkokan,kebocoran,kejepit,retak,dll

D. Flaring Tool

Digunakan untuk mengembangkan diameter ujung Pipa agar mudah disambung.Penggunaan fleering sering digunakan untuk menyambung dua pipa menggunakan napple.

E. Swaging Tool

Hampir sama dengan Flaring, alat ini jg digunakan untuk membesarkan ujung Pipa.bedanya hanya terletak pada ujung / kepala yang digunakan untuk membesarkan ujung Pipa.

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”