Friday, August 7, 2015

APA ITU AC ???

AIR CONDITIONER (AC ) merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara.Dengan kata lain,AC berfungsi penyejuk udara.Penggunaan AC dimaksudkan untuk memperoleh temperatur udara yang diinginkan ( sejuk atau dingin ) dan nyaman bagi tubuh. AC bayak igudakan didaerah yang beriklim Tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi ( panas ),seperti di Indonesia.AC bisa digolongkan barang mewah karena hargaya yang relatif mahal dan daya Listrik yang digunakan cukup besar.Namun , bagi sebagian orang , AC sudah tidak lagi termasuk barang mewah karena manfaatnya untuk mengatur siklus dan temperatur udara yang memberi efek kenyamanan tubuh.Dalam penggunaanya, AC tidak hanya menyejukkan dan mandinginkan udara,tetapi bisa juga mengatur kebersihan dan kelembapan udara di dalam ruangan sehingga tercipta kondisi udara yang berkualitas, sehat, dan nyaman bagi tubuh.
A.Temperatur Nyaman

Untuk membuat temperatur dalam ruangan menjadi nyamandan sejuk seperti yang diinginkan, sebisa mungkin temperatur udara diatur atau dikondisikan terlebih dahulu. Proses mendinginkan atau menurunkan temperatur udara perlu dilakukan ketika temperatur udara didalam dan diluar ruangan tinggi ( panas ). Sebaiknya, proses memanaskan atau menaikkan temperatur udara dilakuakan ketika temperatur didalam dan diluar ruangan sangat rendah ( dingin ), seperti kondisi bersalju didaerah yang memiliki empat musim.

Sebenanya, tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Di lingkungan yang dingin, saluran darah dan pori - pori kulit mengerut. Hal itu berfungsi agar panas atau kalori tubuh tetap terjaga. Akibatnya,permukaan kulit akan maenjadi lebih dingin. Sebaliknya, dalam kondisi lingkungan yang panas, saluran darah dan pori - pori kulit akan mengembangagar panas bisa dengan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.Akibatnya, permukaan kulit akan cenderung basahkarena keringat sebagai proses penguapan untuk menjaga suhu tubuh. Uraian diatas menggambatkan bahwa tubuh manusia sanggup memperthankan kondisi tubuh dalam berbagai keadaan. Namun tentunya setiap manusia memiliki batasan yang berbeda untuk beradaptasi di suatu lingkungan.Tubuh Manusia juga mampu secara cepat beradaptasi dan mengkondisikan suhu tubuh ketika temperatur disekelilingnya berubah secara tiba - tiba.

Manusia akan cepat bereaksi ketika tiba tiba dikenai udara dingin.Reaksinya saluran pori - pori akan mengerut seperti penjelasan diatas.Apabila perubahan temperatur cukup tinggi, dapat berefek negatif bagi kesehatan tubuh. Sebisa mungkin, perbedaan temperatur antara udara didalam dan diluar ruangan tidak melebihi 8 derajat celcius. Misalnya, ketika sebelumnya anda berada didalam ruangan ( bertemperatur 22 derajat celcius ),kemudian keluar ruangan ( bertemperatur 32 derajat celcius ).Biasanya, tubuh akan cepat mengkondisiskan dengan perubahan temperatur itu. Namun, bagi sebagian orang, perubahan temperatur tersebut cenderung menimbulkan efek terhadap tubuh, seperti migran atau sakit kepala.

Perlu diketahui, sebenernya temperatur terlalu dingin belum tentu membuat tubuh menjadi nyaman, tetapi bisa sebaliknya. Agar tubuh merasa nyaman, sebaliknya temperatur ruangan diatur antara 24-26 derajat celcius. Temperatur yang terlalu sejuk atau dingin ( kurang dari 20 derajat celcius ) dapat menyebabkan beberapa keluhan, seperti pembuluh darah menyempit, kesemutan, leher atau tengkuk terasa kaku, kembung, hidung tersumbat, dan sering buang air kecil. Tentu saja hal seperti ini hal semacam ini bisa mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu.

B. KELEMBAPAN UDARA

Pada temperatur udara yang panas, mendinginkan udaranya sajabelum cukup untuk mendapatkan hawa sejuk ketika kelembapan udara ruangan masih tinggi. Pada tingkat kelembapan yang rendah, cenderung membuat tubuh semakin sejuk dan keringat akan mudah terangkat dari pori - pori kulit.sebaliknya ketika kelembapan tinggi, keringat akan sulit terangkatdari pori - pori kulit. Akibatnya, tubuh akan merasakan kepanasan atau "gerah".

Pada ruangan ber-AC,semakin dingin suhu ruangan, berarti semakin banyak uap air yang dikeluarkan dari ruangan. Akibatnya kelembapan udara menjadi rendah.Jika kondisi ini di biarkan, (menyetel AC yang terlalu dingin ),kelembapan udara semakin rendah atau melewati batas kritis. Akibatnya, sering kali tubuh merasa ketidaknyamanan, seperti pegal pegal atau pusing.

Idealnya, selain dilengkapi dengan pengukur temperatur udara,AC juga dilengkapi dengan pengukur kelembapan udara.Namun, masih sedikit bahkan jarang sekali Produsen AC yang melengkapi unit AC nya dengan pengukur kelembapan udara. Untuk itu kita harus melakukan antisipasi untuk menjaga kelembapan udara.salah satu cara untuk menjaga kelembapan udara adalah meletakkan handuk basah atau segelas air di dalam ruangan be -AC. Ternyata cara sepeti ini bisa mempertahankan dan menjaga kelembapan udara.

C. UDARA BERSIH

Pada setiap unit AC,biasanya dilengkapi dengan Filter udarayang terpasang pada bagian evaporator ( indoor ).Filter tersebut berguna untuk menyaring udara kotor didalam ruangan.Untuk itu, unit AC memerlukan pembersihan secara berkala, baik pada komponen filter maupun pada evaporatornya. Ini diperlukan agar kebersihan dan kesejukan udara didalam ruangan tetap terjaga.

Dalam perkembangannya, produsen AC menambahkan zat anti bakteri pada filternya.Zat semacam ini di tambahkan untuk menetralisir bakteri, virus, dan kuman yang tersebar di udara.
Selain itu, beberapa produsen juga melengkapi komponen indoor- nya dengan indikator untuk mengukur kualitas udara (Air quality Indicator ) yang berguna untuk mendeteksi kualitas dan kandungan kimia udara,seperti carbon monoksida (CO),aldehida,nitrogen oksida,dll.
dengan indikasi kualitas udara,setidaknya anda bisa memantaukebersihan udara didalam ruangan.Pada akhirnya, keberadaan AC dapat lebih bermanfaat untuk menciptakan kesejukan, kesegaran, kenyamanan,dan kesehatan udara di dalam ruangan.

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”