Friday, August 7, 2015

EVAPORATOR



Evaporator berfungsi menyerap dan mengalirkan panas dari udara ke refigeran. Akibatnya, wujud cair refigeran setelah melewati pipa kapiler akan berubah wujud menjadi gas. Secara sedrerhana, evaporator bisa dikatakan sebagai alat penukar panas. Udara panas disekitar ruangan ber-AC diserap oleh evaporator dan masuk melewati sirip - sirip pipa sehingga suhu udara yang keluar dari sirip - sirip menjadi lebih rendah dari kondisi semula atau dingin. Sirkulasi udara ruangan ber-AC diatur oleh blower indoor.

Bagian evaporator memerlukan pembersihan secara berkala. Pembersihan sirip - sirip pipa evaporator menjadi sangat penting karena berpengaruh pada laju perpindahan panas udara ruangan. Ketika sisrip - sirip pipa evaporator tersumbat oleh kotoran, Penyerapan pada udara tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, hembusan udara yang keluar dari AC terasa kurang dingin.

Pada dasarnya, evaporator dan kondensor merupakn alat penukar panas, tetapi mempunyai prinsip kerja yang berlawanan. Dengan demikian, kedua bagian ini merupakan komponen yang sanagat penting dan berpengaruh terhadap kerja sistem pendinginan secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”